Pesona Pulau Tinalapu di Teluk Tomini, Airnya Bening Bisa Lihat Ikan Warna-warni

[Klikindonews.com], Pulau kecil nan cantik ini tak berpenghuni. Letaknya berada di Teluk Tomini, tidak jauh dari kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Pulau ini belum terkenal di kalangan traveler. Karena itu, panoramanya masih sangat asli.

Pulau ini terbilang gersang karena hanya ditumbuhi beberapa pohon pinus. Pasirnya putih, airnya jernih, dan bening transparan seperti kaca. Luasnya seperempat lapangan sepakbola. Anda bisa mengelilinginya hanya lima menit dengan berjalan kaki.

Awalnya, Pulau Tinalapu hanya dijadikan tempat persinggahan nelayan menunggu waktu memancing. Seiring berbagai promosi wisata lokal, pulau ini mulai dikenal dan menjadi tujuan wisata. Keindahan bawah laut pulau ini sungguh luar biasa. Kualitas air laut yang masih terjaga membuat terumbu karang berukuran besar tumbuh dengan baik.

Berbagai jenis ikan dengan corak warna-warni bisa Anda temui di sini. Bagi yang gemar snorkeling dan berenang, jangan lupa membawa perlengkapan snorkeling seperti masker atau kacamata renang, snorkle, dan fins (kaki katak).

Pulau ini juga terkenal dengan olahan seafood-nya yang menggugah selera. Ada beberapa restoran dengan bangunan kayu yang dibuat menjorok ke arah laut. Anda bisa singgah untuk berwisata kuliner. Selain mencicipi makanan, Anda akan disuguhi keindahan laut Pagimana.

Untuk menuju ke Pulau Tinalapu, jika Anda dari Jakarta, perjalanan dapat ditempuh melalui penerbangan ke Makassar. Dari Makassar, Anda dapat melanjutkan penerbangan ke Kota Luwuk, Sulawesi Tengah selama satu jam menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen Garuda Indonesia yang terbang satu kali sehari.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Anda sebaiknya menyiapkan perbekalan, mengingat jarak dari Kota Luwuk menuju ke Pelabuhan Pagimana, Kabupaten Banggai, memakan waktu sekitar tiga jam melalui darat. Anda dapat menyewa minibus dengan tarif Rp400.000 untuk mencapai pelabuhan.

Di sekitar Pelabuhan Pagimana terdapat tempat penginapan sederhana untuk beristirahat. Dari pelabuhan menuju Pulau Tinalapu dapat ditempuh dengan speedboat. Jaraknya sekitar satu jam.

 

 

sumber : inews.id