Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Panama, 5 Orang Terluka

[Klikindonews.com] Plaza de Caisan, – Setidaknya lima orang dilaporkan terluka setelah gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang wilayah barat daya Panama, dekat perbatasan Kosta Rika, Minggu 12 Mei 2019 petang waktu setempat.

Getaran kuat itu berpusat sekitar tujuh kilometer di tenggara Kota Plaza de Caisan, demikian sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Senin (13/5/2019).

Menurut pantauan US Geological Survey (USGS), gempa terjadi pada kedalaman 37 kilometer di bawah permukaan tanah.

Sistem Perlindungan Sipil Nasional, atau Sinaproc, mengatakan lima orang terluka dan empat rumah rusak akibat gempa. Selain itu, dua bangunan juga dilaporkan runtuh.

Foto yang diunggah di media sosial menunjukkan banyak bagian rumah kayu sederhana di pedesaan setempat runtuh.

Gempa juga dilaporkan memicu kemunculan celah yang cukup dalam di pasir pantai, serta menghamburkan berbagai dagangan di salah satu pusat komersial lokal.

Keterangan Saksi

Menurut Carla Chavez, salah seorang saksi mata, gempa membuat berbagai benda di rak supermarket yang tengah dikunjungi berjatuhan.

“Bumi bergoyang hebat, banyak orang sulit berdiri,” kata Chavez kepada kantor berita Associated Press.

Getaran gempa juga dilaporkan terasa hingga ke ibu kota Provinsi Chiriqui yang berdekatan, namun tidak memicu kerusakan berarti.

“Semua terjadi begitu cepat, dan itu mengerikan,” lanjut Chavez yang mengaku masih terguncang akibat gempa yang dirasakannya itu.

Tidak Ada Peringatan Tsunami

Sebelum berbagai laporan gempa di media, Presiden Panama Juan Carlos Varela mentwit bahwa hanya satu orang yang terluka, yakni di Puerto Armuelles. Dia juga mengatakan bahwa kerusakan terjadi pada beberapa rumah dan unit bisnis.

Selain itu, Layanan Perlindungan Sipil Nasional Panama mengatakan di Twitter bahwa dinding retak di sebuah rumah sakit dan dua supermarket di Changuinola, di provinsi Bocas del Toro.

Tidak ada peringatan gelombang pasang tinggi yang dikeluarkan dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Sementara di Kosta Rika, gempa dilaporkan terasa di sebagian wilayah yang berbatasan dengan Panama. Namun, tidak ada laporan kerusakan di sana

 

 

 

sumber : liputan6.com