Negara Ini Bangun Gedung Tenaga Angin Pertama di Dunia, 5 Potretnya Menakjubkan

[Klikindonews.com], Salah satu arsitektur unik paling menonjol di Bahrain adalah gedung Bahrain World Trade Center di kota Manama.  Kompleks  pencakar langit 50 lantai itu terdiri dari dua menara kembar menjulang 240 meter di atas tanah, seperti dua layar pada sebuah kapal. Bangunan tersebut menawarkan siluet sangat mempesona, dengan pemandangan laut Timur Tengah, Manama.

Menara tersebut dibangun pada tahun 2008 oleh perusahaan arsitektur multi-nasional Atkins. BWTC adalah gedung pencakar langit pertama di dunia yang mengintegrasikan turbin angin ke dalam desainnya. Turbin angin dikembangkan, dibangun dan dipasang oleh perusahaan Denmark Norwin A/S, seperti yang Liputan6.com lansir dari World Trade Centers Association.

Dua bangunan yang membentuk kompleks tersebut terinspirasi dari bentuk layar kapal yang menggunakan angin untuk berlayar, seperti halnya BWTC yang menggunakan angin untuk memenuhi kebutuhan energi bagi kegiatan yang terjadi di dalamnya. Dalam bangunan ini terdapat Hotel bintang lima, Mall premium, café dan restoran mewah.

Bangunan Bertenaga Angin Pertama

Bangunan ini memiliki 3 kincir angin raksasa yang mengikat kedua menara kembar pada ketinggian berbeda-beda. Saat mendesain Bahrain World Trade Cender, Biro arsitektur Atkins masih merasa perlu menambahkan fitur penyangga ke dalam desain pencakar langit kembar itu agar tak biasa.

Upaya pertama adalah menambahkan panel-panel surya. Namun, kondisi panas yang ekstrem di Bahrain membuat panel surya bukanlah pilihan yang tepat.

Pilihan kedua yang  jauh lebih menarik, tiga  kincir angin berdiameter 29 meter. Masing-masing kincir angin menggantung di tengah jembatan sepanjang 30 meter. Kincir angin tersebut membentang di antara kedua pencakar langit kembar Bahrain World Trade Center di Manama. Ketiga kincir angin tersebut dapat menghasilkan hampir 11 hingga 15 persen kebutuhan energi gedung tersebut.

Teknologi ramah lingkungan tersebut, dapat menghasilkan 1.100 hingga 1.300 MegaWattHour per tahun, setara penerangan untuk 300 rumah selama lebih dari satu tahun.

Yang menarik lagi, penggunaan sumber energi dari kincir angin berdiameter 29 meter ini dapat mengurangi emisi karbon ke alam sekitar 55 ribu kubik kilogram Karbon setiap tahun. Berikut potret keindahan Bahrain World Trade Center yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Bahrain World Trade Center Merupakan Gedung Tenaga Angin Pertama di Dunia

2. Menjadi Pusat Kerjasama Bahrain dan Arab Saudi bagian Timur

Bahrain World Trade Center (sumber: bahrainwtc)

5. Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan di Bahrain