Wisata Religi di Kepri, Masjid Natuna Terlihat Megah Mirip Taj Mahal

[Klikindonews.com], Tak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki pulau indah. Natuna di Kepulauan Riau ternyata memiliki tempat ikonik yang besar dan megah. Namanya Masjid Agung Natuna. Masjid ini menjadi salah satu bangunan kebanggaan masyarakat Natuna.

Masjid Agung Natuna dikenal sebagai Taj Mahal-nya Indonesia, karena memiliki desain kubah yang serupa. Masjid yang dibangun pada 2007-2009 ini merupakan titik utama komplek Gerbang Utaraku. Di dalam kompleks sekitar masjid terdapat wilayah perekonomian seperti pasar, terminal, Asrama STAI, Gedung Olahraga, dan sebagainya.

Kompleks Gerbang Utaraku merupakan implementasi pembangunan lima pilar utama, yaitu keimanan, kesehatan, pendidikan, perekonomian dan hukum. Masjid Agung Natuna dibangun dengan memadukan desain masjid di Cordoba (Soanyol), Taj Mahal (India), Masjid Nabawi (Arab Saudi), dan ukiran khas Turki.

Ornamen pintu Masjid Raya Natuna mengambil inspirasi dari Alquran, dan memiliki bentuk kubah mirip kubah Taj Mahal di India dengan ketinggian 17 meter.

Kubah Masjid Agung Natuna melambangkan jumlah rakaat salat dalam sehari. Bagian dalam kubah dihiasi kaligrafi dan desain bermotif bunga. Masjid ini juga menjadi yang terbesar dan termegah di Provinsi Kepulauan Riau. Satu barisan shaf di dalam masjid memuat hingga 180 jemaah.

Pada keempat sisi Masjid Raya Natuna terdapat menara yang dimaknai sebagai simbol empat sahabat Rasulullah. Bagian tengah masjid diterangi cahaya alami dari kubah masjid. Kubah Masjid Raya Natuna berjumlah 20 buah, disusun dalam 3 tingkatan. Desainnya mirip dengan Masjid Raya Sulaimaniah di Turki. Tiap tingkatan kubah memiliki makna filosofis yang berbeda-beda.

Pada tingkatan tertinggi terdapat satu kubah utama yang paling besar. Kubah utama ini melambangkan sifat ihsan, yang dalam agama Islam merupkan tingkatan keimanan yang tertinggi. Pada tingkatan di bawahnya terdapat 6 buah kubah yang lebih kecil dari kubah utama, melambangkan jumlah rukun Iman. Pada tingkatan yang paling bawah terdapat 12 kubah yang mengelilingi kubah yang ada di atasnya, yang merupakan simbol hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Masjid yang memiliki luas mencapai satu hektare ini berjarak sekitar 10 menit dari Bandara Raden Sadjad, Ranai, Natuna. Letaknya di kaki Gunung Ranai. Dari pusat Kota Ranai, Anda bisa menuju ke arah utara, sekitar 2 km. Lalu, dari jalan utama, masuk ke dalam kurang lebih 1 km. Anda akan melihat Masjid megah nan indah yang menjadi destinasi wisata religi di Kepulauan Riau.

 

 

sumber : inews.id