Aksi Balasan, Venezuela Hentikan Layanan Konsulat di Kanada

[Klikindonews.com] CARACAS, Menteri Luar Negeri Venezuela Jorge Arreaza mengatakan Venezuela akan berhenti memberikan layanan di konsulatnya di Kanada. Ini merupakan aksi balasan atas keputusan Kanada yang menghentikan sementara operasi Kedutaan Besar mereka di Venezuela.

“Venezuela akan berhenti menyediakan layanan konsuler di Vancouver, Toronto dan Montreal,” kata Arreaza, dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya, seperti dilaporkan¬†Sputnik, Minggu (9/6/2019).

“Semua fungsi diplomatik akan dikonsentrasikan di Kedutaan Besar Venezuela di Ottawa. Kami berharap Kanada akan segera mengembalikan kedaulatannya dalam kebijakan luar negeri mereka,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland pekan lalu mengatakan, pihaknya memutuskan untuk menghentikan sementara operasi Kedutaan Besar mereka di Venezuela. Keputusan ini diambil di tengah belum dicapainya solusi untuk penyelesaian krisis politik di Venezuea.

Freeland mengatakan, selain karena kritis politik yang terus memburuk, keputusan ini juga diambil karena pemerintahan Presiden Venezuela, Nicolas Maduro membatasi kemungkinan beberapa misi asing berfungsi di negara itu.

“Pada akhir bulan ini, para diplomat Kanada di Venezuela tidak akan lagi berada dalam posisi untuk memperoleh akreditasi diplomatik di bawah rezim Maduro, dan visa mereka akan kedaluwarsa. Karena itu, kami tidak punya pilihan selain untuk sementara waktu menunda operasi kami di Kedutaan Besar Kanada untuk Venezuela, segera berlaku,” kata Freeland.

 

Sumber : inews.id