Simeulue Diguncang Gempa 4,8 SR, Getaran Terasa Sampai Aceh Singkil

[Klikindonews.com], Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter (SR) mengguncang wilayah Sinabang, Ibu Kota Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, Rabu (10/7) pukul 13.52 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mata I’e di Aceh Besar melaporkan, titik episentrum gempa terletak pada koordinat 2,16 Lintang Utara dan 97,02 Bujur Timur.

Pusat gempa bumi terjadi di laut berjarak sekitar 80 kilometer arah Tenggara Sinabang, dan memiliki kedalaman 55 kilometer. Gempa dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa bumi tersebut dirasakan III Modified Mercalli Intensity/MMI di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Tim Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Singkil yang berjarak sekitar 200 kilometer lebih dengan Pulau Simeulue merasakan getaran gempa itu.

“Terasa getarannya. Awalnya saya pribadi merasakan ada gempa, tapi tak yakin karena teman-teman di kantor pada diem,” kata tim Pusdalops BPBD Aceh Singkil, Rosiana. Dikutip dari Antara.

 

 

 

sumber : merdeka.com