Jelang Idul Adha, Harga Cabai Tembus Rp90.000 per Kilogram

[Klikindonews.com] INDRAMAYU, – Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik. Kenaikan harga cukup terasa pada cabai rawit, cabai merah, dan kentang.

Di Pasar Tradisional Karangampel, Kabupaten Indramayu, harga komoditas sayur mayur mulai merangkak naik. Rata-rata kenaikan sayur mayur mulai dari Rp5.000, bahkan harga cabai dua kali lipat dari harga biasa.

Cabai rawit yang sebelumnya dijual dengan harga Rp60.000 naik menjadi Rp90.000 per kilogram. Cabai merah dari harga Rp40.000 naik menjadi Rp60.000 per kilogram. Sedangkan kentang yang semula Rp14.000 naik menjadi Rp19.000 per kilogram.

Kenaikan harga ini dikeluhkan para pembeli dan terpaksa mengurangi jumlah belanja. Seorang pembeli, Tara menduga kenaikan harga ini disebabkan permintaan masyarakat meningkat jelang Hari Raya Idul Adha.

Sementara pasokan dari distributornya berkurang dan petani mengalami gagal panen di sejumlah daerah sentra penghasil cabai akibat musim kemarau.

Para pedagang dan pembeli berharap, pemerintah bisa menstabilkan harga kebutuhan pokok seperti sayuran. Apalagi mendekati Idul Adha nanti sejumlah harga diperkirakan akan melambung tinggi.

 

 

 

sumber : sindonews.com