5 Cara Sederhana Mengurangi Konsumsi Gula

[Klikindonews.com], Diabetes menjadi momok yang menakutkan. Mengurangi konsumsi gula jadi salah satu cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit tidak menular satu itu.

Tak main-main, diabetes bisa membawa beragam konsekuensi hingga mengancam nyawa. Perbaikan gaya hidup dan pola makan sangat perlu untuk dilakoni.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan batasan konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram atau sekitar empat sendok makan.

Untuk membuatnya lebih mudah, ada beberapa cara sederhana lain yang bisa Anda terapkan demi memangkas asupan gula.

1.Ganti soda dengan sparkling water
Minuman bersoda mengandung banyak gula tambahan, tak terkecuali soda diet. Mengutip LiveStrong, soda diet berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes, dan tidak memengaruhi kebiasaan konsumsi gula.

Ganti soda dengan sparkling water menjadi salah satu cara yang bisa Anda pilih. Sama-sama memberikan efek menggelitik di lidah, sparkling water memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

Dengan mengganti soda dengan sparkling water, Anda bisa mengurangi konsumsi gula sebanyak 35 gram.

2. Pilih yogurt tawar
Banyak produk yogurt hadir dengan aneka varian rasa. Alih-alih menyehatkan, yogurt dengan varian rasa mengandung banyak gula tambahan.

Sebanyak 22 gram gula hadir dalam satu cangkir yogurt. Sementara yogurt tawar hanya mengandung 10 gram gula.

3. Ganti roti putih dengan roti biji-bijian
Roti tawar putih menjadi alternatif menu sarapan praktis. Roti putih mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Namun, perlu dicatat, roti putih mengandung banyak gula. Anda bisa mengganti roti putih dengan roti yang terbuat dari biji-bijian utuh.

Sepotong roti tawar putih mengandung 2-3 gram gula dan sedikit serat. Sedangkan roti yang terbuat dari biji-bijian hanya mengandung 1 gram gula dan 3-5 gram serat.

4. Pilih es krim yang lebih sehat
Anda patut mempertimbangkan konsumsi es krim alternatif yang lebih sehat. Anda bisa membuat es krim sendiri dengan buah-buahan alami.

Bermodal food processor, siapkan buah-buahan yang akan Anda gunakan. Tambahkan madu sebagai pemanis dan tuangkan ke dalam wadah tertutup. Setelah siap, masukkan ke dalam freezer.

5. Jeli pilih sereal
Sereal akan tampak menyehatkan karena kehadiran oat, gandum, atau potongan buah kering. Namun, sereal yang tampak menyehatkan itu malah berpotensi mengganggu kesehatan karena kandungan gula yang tinggi. Mengurangi konsumsi gula juga bisa dilakukan dengan lebih jeli memilih sereal.

 

 

sumber : cnnindonesia.com