Eksotisme Pulau Kotok di Kepulauan Seribu, Miliki Sunset yang Indah

[Klikindonews.com], Kepulauan Seribu memang menyimpan pesona yang luar biasa. Keindahan pulau-pulaunya mampu memikat wisatawan lokal dan mancanegara. Beberapa pulau yang menjadi tujuan wisata di Kepulauan Seribu antara lain Pulau Bidadari, Pulau Putri, Pulau Sepa, Pulau Ayer, Pulau Matahari, Pulau Kelor, Pulau Pramuka, Pulau Rambut, dan Pulau Kotok.

Di antara pulau-pulau yang menjadi tujuan wisata itu, Pulau Kotok termasuk kategori pulau yang masih alami. Udaranya bersih, pasir pantainya putih. Anda masih bisa mendengar kicauan burung yang saling bersahutan di sini.

Pulau Kotok terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kotok Barat (Kotok Kul Kul) dan Kotok Timur (Kotok Coconut). Tapi Kotok Timur sudah ditutup untuk umum. Tak seperti pulau-pulau lain di kepulauan seribu, keasrian Pulau Kotok masih terjaga. Pulau ini tidak melakukan banyak pemugaran dan renovasi modern seperti pulau-pulau tetangganya. Di Pulau Kotok, Anda akan menemukan kedamaian karena jauh dari kebisingan.

Sejauh mata memandang hanya keindahan alam yang terlihat. Adanya dermaga berbentuk unik membuat pantai di Pulau Kotok semakin terlihat indah. Dermaga kecil ini tempat bersandarnya kapal yang singgah. Biasanya, dermaga ini dijadikan spot foto dan menikmati keindahan pulau.

Selain dijadikan tujuan wisata, pulau ini juga dijadikan area pelestarian flora dan fauna. Untuk mencegah dari kepunahan, pengurus pulau melarang keras pengunjungnya untuk merusak, mengganggu atau mengambil flora dan fauna di Pulau Kotok dan sekitarnya.

Banyaknya pepohonan yang tumbuh di area pulau, membuat suasana di pulau ini terasa tenang dan nyaman. Meskipun cuacanya cukup panas, namun udaranya sejuk. Anda tak perlu takut untuk menjelajahi pulau ini di siang hari karena banyak petunjuk arah yang bisa Anda jumpai di sepanjang jalan setapak.

Pulau Kotok memiliki 20 bungalow untuk menampung turis yang menginap. Satu kamar berkapasitas dua orang. Ada pula bungalow di atas pohon. Dari atas sini, Anda bisa melihat hamparan laut yang luas. Anda bisa mendapatkan bungalow ini jika mengajukan permintaan khusus.

Suasana alami benar-benar diperhatikan di resort ini. Jadi jangan mengharapkan bisa menonton televisi atau film DVD, karena televisi atau peralatan elektronik canggih lainnya, tidak disediakan oleh pihak resort.

Anda juga bisa camping dan menikmati keindahan bawah laut di pulau ini. Area campingnya cukup luas. Selain menjadi lokasi camping, Pulau Kotok sebenarnya pulau resort yang sudah dikelola. Resort atau cottage-nya disewakan kepada umum. Buat kalian yang tidak mau camping, bisa sewa salah satu cottage di pulau ini.

Untuk menjaga keasrian dan kelestarian alam bawah laut, Pulau Kotok tidak dilengkapi dengan fasilitas watersport (jetski, banana boat, canoe, dan lain sebagainya). Hanya aktivitas menyelam dan snorkeling yang diizinkan di pulau ini. Jangan lupa berenang dan loncat dari atas dermaga, ya! Dijamin seru. Anda bisa juga bisa menikmati pemandangan sunset maupun sunrise di pulau ini.

Pulau Kotok berada di Kecamatan Pulau Harapan. Jadi, Anda harus naik kapal penyeberangan umum dari dermaga pelabuhan Kali Adem di Muara Angke menuju Pulau Harapan. Agar kebagian tiket kapal, Anda harus datang pagi, sekitar pukul 06.00 WIB. Karena jam keberangkatan kapal ke Pulau Harapan sekitar pukul 08.00 WIB.

Butuh waktu sekitar tiga jam lebih untuk tiba di pulau Harapan. Dari Pulau Harapan, Anda harus sewa kapal kecil lagi menuju Pulau Kotok. Di Pulau Harapan sudah banyak warga yang menyewakan kapalnya. Range harga mulai dari Rp350.000-Rp700.000, sesuai jumlah penumpang. Dibutuhkan sekitar 45 menit penyeberangan dengan kapal kecil dari Pulau Harapan menuju Pulau Kotok.

 

 

sumber : inews.id