Evakuasi Kecelakaan Baluran Situbondo Berlangsung 5 Jam

[Klikindonews.com] SITUBONDO,  – Evakuasi kecelakaan di Jalan Pantura kawasan hutan Baluran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim) berjalan cukup lama. Butuh waktu kurang lebih lima jam untuk mengangkut kendaraan-kendaraan tersebut ke pinggir jalan.

Kecelakaan tersebut tepatnya berada di kilometer 253 dari arah Surabaya, melibatkan dua bus pariwisata, truk diesel, truk fuso dan mobil mini bus dan mobil boks.

Dalam evakuasi tersebut, dua mobil derek dikerahkan. Prosesnya cukup sulit karena bus dalam keadaan terbalik, lalu dua truk melitang di tengah jalan. Setelah semua kendaraan berhasil dievakuasi, arus lalu lintas mulai dibuka kembali.

“Kurang lebih lima jam proses evakuasinya,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Situbondo, Jatim, Jumat (5/7/2019).

Menurut dia, evakuasi juga menjadi lambat karena muatan truk fuso yang mengangkut pakan ternak, tumpah ke jalan. Jadi petugas dibantu warga harus membersihkan jalan terlebih dahulu untuk menghindari potensi kecelakaan selanjutnya.

Kecelakaan beruntun ini terjadi diduga karena ada truk mengangkut pakan ternak mengalami rem blong, sehingga kendaraan tersebut menabrak kendaraan lainnya.

“Tiba-tiba saja mobil ditabrak truk. Kami di bus kaget,” ujar seorag penumpang, Suryantoko.

Lima kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun yakni, truk DR-8806-AZ, Suzuki Ertiga BP-1096-ME. Selain itu, mobil Mitsubishi jenis L300 nopol L-9363-P dan dua bus pariwisata yang mengangkut rombongan guru-guru TK se Gresik.

Akibat kecelakaan itu, satu orang tewas dan 10 lainnya luka-luka. Korban tewas yakni, Hj Masluhah, pengurus FPTK Jatim dan Pengawas TK Gresik.

Korban merupakan penumpang bus rombongan guru-guru Taman Kanak-kanak (TK) Gresik. Rombongan guru TK ini hendak rekreasi ke Pulau Bali dengan lima bus.

 

 

 

sumber : inews.id