Peneliti Ungkap Fakta Baru Penemuan Anglo-Saxon, Artefak Berlapis Emas dan Perak

[Klikindonews.com] Inggris, – Beberapa tahun setelah penemuan terbesar emas dan perak Anglo-Saxon di Inggris, para arkeolog mengungkap fakta baru tentang asal-usul harta itu.

Koleksi yang ditemukan pada 2009 oleh seorang detektor logam amatir di sebuah lapangan di Staffordshirem Inggris ini, memiliki beberapa fakta terkait Anglo-Saxon.

Lebih dari 600 objek signifikan yang ditemukan di 4.600 fragmen –totalnya mencapai hampir 4 kg emas, 1,7 kg perak, menurut para ahli yang berkerja dengan agensi Inggris Historic England dan entitas publik serta nirlaba setempat.

Terdiri dari artefak perang terutama perlengkapan rinci dilucuti dari pedang, helm perak berlapis emas dan berbagai perlengkapan pertempuran.

Kuburan itu dirakit antara pertengahan abad ke-6 dan ke-7, dimakamkan antara 650 dan 675, sebuah tim arkeolog dan sejarah menemukan, seperti mengutip dari CNN.

Menyusul penelitian bertahun-tahun oleh para ahli konservasi, sejarawan dan arkeolog, penemuan Anglo-Saxon yang mengesankan itu sekarang dianggapp mencakup artefak yang diambil dari kerajaan di Anglia Timur dan Northumbria.

Artefak Awal Benda Kristen

Dalam The Staffordshire Hoard: An Anglo-Saxon Treasure, sebuah buku yang dirilis Jumat, para arkeolog menunjuk ke “bukti meyakinkan” bahwa benda-benda Kristen yang berharga dibawa sebagai jimat ke dalam pertempuran, kemungkinan besar oleh para imam.

Para ahli mengatakan benda-benda itu bisa menjadi beberapa contoh paling awal yang diketahui dari logam gerejawi Anglo-Saxon, memadukan motif tradisional dengan benda-benda Kristen baru yang sedang diadopsi ketika agama itu didirikan di Inggris.

Koleksi artefak berisi simbolisme Kristen dan pagan, dipengaruhi dari waktu dan tempat yang berbeda, kata para ahli. Serta perlengkapan perang, gaun kepala Kristen awal dan perlengkapan dalam bentuk ular, burung dan kuda ditemukan.

Para arkeolog masih tidak yakin mengapa barang-barang itu dikumpulkan dan dimakamkan di sebuah lapangan dekat tempat yang sekarang menjadi desa Hammerwich.

Namun, mereka berspekulasi bahwa harta itu bisa saja disembunyikan, untuk diambil kembali nanti, atau dimasukkan ke tanah sebagai bagian dari ritual penyembunyian.

Menambah Pengetahuan Sejarah

Kepala Eksekutif Historic England, Duncan Wilson mengatakan, pada 2009 penemuan ini merupakan penemuan yang luar biasa.

“Pada 2009 kami menerima telepon yang agak terengah-engah dari seorang petugas Skema Barang Antik Portabel mengatakan, sesuatu yang mencengangkan telah digali di ladang biasa dekat Lichfield,” ujar Duncan.

“Apa yang terjadi setelah melampaui semua harapan dan selama 10 tahun terakhir, kami dengan bangga mendanai penelitian ini ke Hoard yang memungkinkan kita mempelajari apa yang mampu dilakukan oleh leluhur abad ke-7 kita,” tuturnya.

“Berbagai objek menarik yang ditemukan telah memberi kita wawasan luar biasa tentang pengerjaan dan budaya Saxon dan monograf baru ini, juga memberikan detail mendalam tentang semua yang kita ketahui tentang penemuan spektakuler ini,” tambahnya.

 

 

 

sumber : liputan6.com