6 Masjid Warna-Warni Paling Indah di Berbagai Negara

[Klikindonews.com], Masjid umumnya dicat dengan warna putih. Tetapi bangunan-bangunan masjid di berbagai negara ini justru tampak mencolok dengan warna biru, hijau, atau bahkan merah. Keunikannya membuat para pelancong tertarik untuk berkunjung dan mengabadikannya di dalam foto.

Berikut ini Merdeka.com merangkum informasi singkat mengenai masjid-masjid indah beraneka warna di berbagai negara.

Sultan Ahmed Camii – Turki

Sultan Ahmed Camii atau lebih dikenal sebagai Blue Mosque merupakan salah satu bangunan termegah di Turki.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Masjid ini merupakan salah satu peninggalan zaman kejayaan Dinasti Ottoman yang masih berfungsi hingga saat ini.

Blue Mosque dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I. Tempat ibadah ini disebut sebagai kembaran Hagia Sophia di Istanbul.

Masjid Nasir Al-Mulk – Iran

Masjid satu ini didominasi warna pink dari luar hingga ke bagian interiornya. Interior masjid terlihat sangat cantik dengan sentuhan ukiran dan seni keramik dengan motif geometris di bagian langit-langit. Anda bisa melihat paduan warna dan desain yang menakjubkan pada langit-langit masjid ini.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Selain itu, jendela kaca dengan desain geometris tampak mengelilingi masjid. Cahaya matahari yang menembus dari kaca membuat pantulan warna-warni masuk ke dalam masjid.

Anda bisa melihat karpet dalam masjid merefleksikan desain kaca beserta warna-warnanya. Pembangunan masjid pink ini terjadi pada abad 19 di mana Islam sedang jaya-jayanya.

Shah Cheragh – Iran

Jika dilihat dari luar, Shah Cheragh mungkin tampak seperti masjid kuno biasa dengan kubah biru yang cukup indah. Namun jika dilihat dari dalam, masjid ini tampak seperti istana kristal hijau.

 /></p>
<p style= fukenoyu

Shah Cheragh adalah monumen dan masjid dengan arsitektur menakjubkan yang ada di Shiraz, Iran. Dilansir Bored Panda, masjid ini dijuluki ‘raja cahaya’ karena interiornya yang berkilauan. Kristal hijau yang menghiasi dinding dan langit-langit saling memantulkan cahaya, menciptakan ilusi optik yang memukau dari berbagai sudut.

Masjid Sheikh Zayed – Uni Emirat Arab

Masjid Sheikh Zayed ini adalah masjid terbesar dan termegah di Uni Emirat Arab. Bangunan ini berada di Abu Dhabi. Masjid dibangun oleh Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Bangunan masjid didominasi warna putih dan emas. Dikeliling kolam yang berfungsi memantulkan cahaya lampu saat malam tiba.

Masjid Kristal Terengganu – Malaysia

Diklaim situs When On Earth sebagai salah satu masjid terindah di dunia, Masjid Kristal Terengganu memang memiliki keindahan yang berbeda. Keseluruhan masjid ini dibangun dengan kaca dan baja, sehingga menampilkan ilusi bercahaya bak kristal saat tertimpa cahaya matahari.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Di malam hari, Masjid Kristal tampak seperti istana dongeng dari negeri 1001 malam berkat lampu warna-warni yang membuat tempat ibadah tersebut bermandikan cahaya biru, kuning, hijau, dan merah muda.

Masjid Kristal terletak di kota pesisir Kuala Terengganu, negara bagian Terengganu. Bangunan masjid didirikan di kompleks Taman Tamadun Islam, tepatnya di atas pulau buatan yang disebut Wan Man. Di sebelahnya mengalir Sungai Terengganu yang bersih.

Jami-Ul-Alfar – Sri Lanka

Jami-Ul-Alfar berdiri di tengah pusat Pettah dengan kombinasi warna merah dan putih yang mencolok. Dilansir Lonely Planet, tempat ibadah yang satu ini mendapatkan julukan masjid merah. Letaknya di Secon Cross Street, Kolombo, Sri Lanka. Masjid ini juga dikenal dengan nama Samman Kottu Palli.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Dilansir TimeOut, masjid merah dibangun dengan desain arsitektur Indi-Saracenic. Terlihat dari kubahnya yang berbentuk seperti buah delima. Pembangunan masjid merupakan inisiatif komunitas muslim Pettah, menjadikan masjid merah sebagai salah satu tempat ibadah tertua di Kolombo.

Demikian masjid-masjid dengan bangunan bercat aneka warna paling indah di berbagai negara. Semoga berkesempatan mengunjungi salah satunya.

 

 

sumber : merdeka.com