Rekor, Dokter di India Angkat Ginjal Seberat 7,4 Kg dari Tubuh Pasien Pria

[Klikindonews.com] NEW DELHI,  – Dokter di India berhasil mengangkat ginjal yang beratnya sama dengan bola bowling dari tubuh seorang pria. Pasien mengalami kelainan yang menyebabkan ukuran ginjalnya tak normal.

Ginjal seberat 7,4 kilogram itu merupakan salah satu yang terbesar berhasil diangkat dalam operasi.

“Ini merupakan gumpalan besar yang mengisi setengah dari perutnya. Kami tahu ini merupakan ginjal besar, tapi tidak menyangka akan seberat ini,” kata Sachin Kathuria, dokter anggota tim bedah, dikutip dari AFP, Selasa (26/11/2019).

Pasien, berusia 56 tahun, menderita sakit ginjal polikistik dan menjalani operasi selama 2 jam di Rumah Sakit Sir Ganga Ram, New Delhi, pada 29 Oktober 2019.

Penyakit yang diderita pria itu menyebabkan benjolan kista berisi cairan yang tumbuh di ginjal. Dokter merekomendasikan pasien menjalani operasi setelah mendeteksi adanya perdarahan internal yang menyebabkan infeksi.

Kathuria mengatakan, kondisi pria itu sudah baik dan menjalani dialisis sambil menunggu transplantasi.

Ginjal normal memiliki berat sekitar 120 hingga 150 gram dengan panjang 12 sentimeter. Namun ginjal yang diangkat itu memiliki panjang hampir 45 sentimeter.

Berdasarkan catatan Guinness Book of Records, ginjal terbesar yang diangkat dari manusia adalah 4,25 kg. Ginjal dari tubuh pria itu diangkat dalam operasi di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 2017.

 

 

sumber : inews.id