Pemprov DKI: Penanganan Tanggul Jebol di Muara Baru Pekerjaan Kementerian PUPR

[Klikindonews.com] JAKARTA,  – Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengatakan, tanggul yang jebol di kawasan Muara Baru, Jakarta Utara merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tanggul tersebut bagian dari proyek di National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang berlokasi dekat pemukiman warga.

Mengenai penanganan dari persitiwa itu dia mengarahkan kepada Kementerian PUPR. Menurutnya, proyek tanggul tersebut sepenuhnya kewenangan Kementerian PUPR.

“Pekerjaannya mungkin Kementerian PUPR. Jadi kalau mau penanganannya mungkin bisa langsung ke sana,” ujar Juaini di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Dia mengimbau kepada masyarakat jangan khawatir dengan peristiwa tersebut. Menurutnya, dari dua tanggul, hanya satu yang jebol.

“Aman. Itu kan ada dua tanggul, yang roboh kan baru yang tahun kemarin. Yang satunya lagi tanggulnya masih ada,” ucapnya.

Saat ini sekitar tanggul sudah dipasang pagar pengaman agar masyarakat tidak bisa mendekat sementara. “Saya lihat sih sementara pengamanan ini saja, (pasang) pagar pengaman,” katanya.

Tanggul NCICD jebol di sisi timur pelabuhan Nizam Zahman RW 17 Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara. Kejadian tersebut terjadi Selasa (3/12/2019) pukul 17.00 WIB.

NCICD merupakan tanggul raksasa yang bangun untuk melindungi DKI Jakarta dari risiko banjir akibat penurunan air tanah di Jakarta Utara. Tanggul dibangun atas kerja sama Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta.

 

 

sumber : inews.id