Jumlah Korban Meninggal akibat Virus Korona di China Mendekati Angka 1.500

[Klikindonews.com] BEIJING,  – Jumlah korban meninggal akibat virus korona atau Covid-19 di China hingga Jumat (14/2/2020) mendekati angka 1.500 orang.

Berdasarkan data terbaru yang dirilis otoritas kesehatan Hubei, sebagaimana dikutip dari AFP, di provinsi itu ada penambahan 116 korban meninggal terbaru. Dengan demikian jumlah korban meninggal secara nasional hingga kini menjadi setidaknya 1.438 orang.

Namun penambahan jumlah korban meninggal harian ini menurun dibandingkan data pada Kamis, di mana ada 242 orang yang kehilangan nyawa di Hubei saja.

Hubei dijadikan patokan dalam menghitung penambahan korban virus korona di China karena jumlahnya yang terbanyak.

Sementara itu jumlah penderita yang terinfeksi bertambah 4.823 kasus hingga Jumat. Ini juga menurun dibandingkan sehari sebelumnya di mana penambahannya mencapai lebih dari 14.800 kasus.

Dengan demikian jumlah penderita yang terinfeksi Covid-19 di China hingga Jumat mencapai lebih dari 64.600 orang.

Penambahan jumlah penderita yang terinfeksi berdasarkan data Kamis naik lebih dari tiga kali lipat dibandingkan sehari sebelumnya. Ini lantaran Hubei menerapkan standar baru dalam mendiagnosis pasien suspect Covid-19.

Para pejabat kesehatan di sana menghitung kasus yang didiagnosis secara klinis untuk memastikan pasien bisa dirawat sedini mungkin ketimbang harus menunggu tes laboratorium untuk memastikan apakah mereka terjangkit Covid-19 atau tidak.

Ini berarti seorang suspect yang diuji menggunakan tes asam nukleat standar, bisa saja dikategorikan terinfeksi virus korona dengan menggunakan standar baru.

Hingga Kamis saja, ada penambahan 13.332 kasus virus korona yang ditentukan menggunakan standar baru ini.

 

 

 

sumber : inews.id