Mayoritas Anggota Parlemen Malaysia Dilaporkan Dukung Mahathir Jadi PM sampai Akhir Periode

[Klikindonews.com] KUALA LUMPUR,  – Mahathir Mohamad dilaporkan mendapat dukungan dari 138 anggota parlemen kubu pendukung pemerintahan Pakatan Harapan maupun oposisi Barisan Nasional untuk menjabat sebagai perdana menteri sampai akhir jabatan.

Artinya, Mahathir hanya butuh 10 suara lagi dari total 222 kursi parlemen atau mendapat dukungan dua per tiga legislator untuk bisa menjabat sampai akhir periode yakni 2022.

Ini bisa memupuskan keinginan Anwar Ibrahim untuk melanjutkan estafet pemerintahan Malaysia, sesuai perjanjian koalisi Pakatan Harapan sebelum pemilu pada Mei 2018.

Sebanyak 138 anggota parlemen tersebut dilaporkan telah menandatangani deklarasi dukungan bagi Mahathir, seperti dilaporkan The Star, Jumat (14/2/2020).

Sebanyak 63 anggota parlemen dari koalisi Pakatan Harapan memberikan dukungan bagi Mahathir, bahkan 26 di antaranya berasal dari partai yang dipimpin Anwar Ibrahim, Partai Keadilan Rakyat (PKR). Sebanyak 10 dukungan diberikan partai-partai yang dekat dengan koalisi pemerintah.

Selain itu 39 anggota parlemen dari kelompok oposisi Barisan Nasional, belum termasuk UMNO, memberikan dukungan bagi Mahathir serta 18 lainnya dari PAS.

Terkait informasi ini, Anwar telah bertemu Mahathir membahas transisi kekuasaan.

Anwar mendapat dukungan dari politisi partainya untuk segera menggantikan Mahathir, bahkan memberikan batas waktu sampai Mei 2020. Namun dia tak ingin gegabah dan memberikan Mahathir ruang.

Setelah bertemu Mahathir, Anwar mengatakan dia setuju agar Mahathir memimpin sampai setelah pelaksanaan KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada Novembe yang berlangsung di Malaysia.

Koalisi Pakatan Harapan akan membahas transisi ini dalam pertemuan dewan kepresidenan pada 21 Februari.

Sementara itu PAS menyatakan akan mendukung Mahathir sampai akhir jabatan bahkan mereka akan mendorong mosi percaya. Sementara itu partai oposisi UMNO akan memutuskan secara resmi pada saatnya.

 

 

sumber : inews.id