Evakuasi 12 Korban Heli MI-17 di Distrik Oksop Terkendala Medan Ekstrem

[Klikindonews.com] JAYAPURA,  – Sebanyak12 korban pesawat Helikopter M1-17 HA 5138 yang jatuh di Pegunungan Mandala Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, berhasil ditemukan tim evakuasi dari Batalion Infanteri (Yonif) 751/R, Jumat (14/2/2020). Meski demikian, proses evakuasi 12 jenazah tersebut belum bisa dilakukan sore ini akibat terkendala cuaca dan medan ekstrem.

“Direncanakan besok proses evakuasi jenazah akan kita mulai. Tim akan membawa turun jenazah ke titik yang bisa dijangkau oleh heli kita. Untuk selanjutnya dievakuasi melalui udara,” kata Koordinator evakuasi Danrem 172/PVY Kol Inf Binsar Sianipar.

Dia menuturkan, tim berhasil menyentuh titik jatuhnya pesawat sekitar pukul 12.30 WIT.
Untuk mencapai titik lokasi, tim harus berjalan mendaki selama kurang lebih lima jam dari base camp yang didirikan sejak Kamis (13/2/2020).

Danrem menjelaskan, tim juga telah berhasil menemukan ke-12 jenazah korban yang seluruhnya berada di sekitar lokasi kepingan bodi pesawat.

“Identitas 9 jenazah bisa kita kenali dari pakaian dan atribut yang mereka kenakan, sedang 3 jenazah lagi masih diperlukan proses identifikasi lebih lanjut,” paparnya.

Menurut Danrem, proses identifikasi terhadap sembilan jenazah tetap dilakukan meski telah dikenali. “Untuk memastikan, tentu kita perlu melakukan proses identifikasi dari tim medis secara detail kepada 12 jenazah setelah nanti bisa kita evakuasi,” katanya.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab beserta seluruh prajurit Kodam XVII/Cenderawasih mengatakan, turut berduka cita dan belasungkawa yang mendalam kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur dalam kecelakaan Heli MI 17 No Reg HA 5138 saat melaksanakan tugas mulia di wilayah Papua.

 

 

 

sumber : inews.id