Hutan Lindung di Sikka NTT Terbakar Lagi, Petugas Kesulitan Padamkan Api

[Klikindonews.com] SIKKA,  – Hutan lindung Egon Ilin Medo di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali terbakar. Hingga kini api belum bisa dipadamkan.

Informasi yang diperoleh iNews.id, api mulai muncul di hutan lindung tersebut pada Selasa (15/9/2020). Hingga Rabu (16/9/2020) pagi, api masih belum bisa dipadamkan dan muncul titik api baru di beberapa lokasi.

Sejumlah petugas yakni Polisi Kehutanan (Polhut), Polsek Waigete dan Polres Sikka, serta Koramil Talibura telah berada di lokasi. Namun suitnya medan untuk menembus lokasi titik api, membuat pemadaman tidak bisa dilakukan dengan cepat dan menggunakan peralatan seadanya.

“Kebakaran terjadi sejak Selasa sore,” kata Kepala UPT Pengelolaan Hutan Kabupaten Sikka, B Herry Siswadi, Rabu (16/9/2020).

Dia menjelaskan, total area yang terbakar mencapai puluhan hektare. Tim UPT telah memetakan koordinat lokasi titik api untuk mengetahui luas area yang terbakar. Kendati demikian, upaya pemadaman memang sulit dilakukan lantaran titik api berada di posisi yang sulit dijangkau.

Selain itu, kendala yang dihadapi tim saat ini adalah minimnya peralatan pemadaman yang tersedia.

Menurutnya, kebakaran di hutan lindung Sikka ini kerap terjadi tiap tahun. Masyarakat sekitar telah diminta untuk menghindari potensi kebakaran hutan.

 

Sumber : inews.id