Duh! Banyak Makanan Kedaluwarsa di Ritel Jelang Lebaran

[Klikindonews.com] JAKARTA, – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyayangkan masih ada makanan yang dijual sudah kedaluwarsa di ritel.

Ketua YLKI Tulus Abadi meminta kepada pengelola retailer modern untuk memperhatikan produk agar tidak membuat rugi konsumen.

“Jangan menggunakan aji mumpung, mentang, mentang permintaan lagi tinggi (jelang Lebaran) lalu produk kadaluwarsa masih dipajang/dijual pula,” kata Tulus di Jakarta, Selasa (4/5/2021).

Tulus meminta Kepada Kemendag/Disdag dan BPOM, seharusnya meningkatkan pengawasan saat peak session seperti Ramadhan dan Lebaran.

“Hal ini terjadi bisa jadi karena lemahnya pengawasan oleh regulator,” katanya.

Di sisi lain, YLKI juga meminta kepada konsumen agar selalu kritis dan cerdas, dimohon untuk selalu cek tanggal kadaluwarsa saat membeli produk makanan dan minuman, sekalipun di retailer modern.

Sekadar informasi, YLKI menemukan kasus mengenai seorang ibu dan anak yang berbelanja di suatu retail modern di area Jl. Gongseng Raya, Cijantung, Jaktim.

Ibu itu menemukan kaleng wafer yang sudah kedaluwarsa (April 2021). Bahkan ada beberapa kaleng. Kemudian komplain, lalu wafer kaleng itu direcall.

 

sumber : okezone.com