Indahnya Underwater di Tengah Hutan Bojonegoro, Air Jernih dan Sejuk

[Klikindonews.com], – Travelling ke berbagai daerah di Indonesia menjadi momen paling ditunggu. Apalagi jika tempat wisata yang dituju adalah kolam mata air yang jernih.

Di pertengahan tahun yang panas, berwisata ke tempat yang basah dan menyegarkan pasti ada di benak hampir semua orang. Bagi warga Bojonegoro, Jawa Timur, wisata air yang cocok disinggahi dan menjadi tempat bersantai di musim panas ini tentunya adalah Sendang Grogolan.

Tempat ini menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin wisata underwater di tengah hutan. Berada di sini, wisatawan dapat menikmati deretan pepohonan besar, mulai pohon winong, ingas, jati, jambu alas, hingga putat. Pohon winong menjadi yang terbesar. Daun lebatnya membuat kawasan itu begitu teduh.

Terletak di Desa Ngunut, Kecamatan Dander, Bojonegoro, sendang alias mata air ini awalnya digunakan sebagai tempat mencuci dan mandi oleh warga sekitar. Dan, seperti budaya Jawa pada umumnya, untuk menghormati mata air ini para warga juga secara rutin melakukan sedekah bumi dan bermacam upacara adat.

Karena sering dikunjungi warga, lama-kelamaan Sendang Grogolan pun juga dikunjungi banyak wisatawan dari luar. Akhirnya Sendang Grogolan menjadi kawasan wisata air yang dibuka untuk umum.

Di Sendang Grogolan, wisatawan diperbolehkan berenang dan mandi di air yang dangkal. Pantangannya hanya satu, yaitu dilarang mengotori air, baik buang air kecil maupun membuang sampah. Konon, ada penunggu sendang yang bisa marah jika tempat tinggalnya dikotori.

“Sambil mandi di Sumber Mata Air Grogolan yang jernih, wisatawan juga akan dimanjakan dengan suasana alam yang sejuk di bawah rindangnya pepohonan. Kalian mesti kesini untuk menikmati sensasi dinginnya mata air jernih ini,” tulis Instagram @Indoflashlight.

Selain menjadi tempat berenang, sendang ini juga menjadi lokasi berkemah anak-anak pramuka, karena sendang ini selain sejuk juga merupakan tempat yang cocok untuk belajar tentang alam.

Sendang Grogolan memiliki air yang sangat jernih. Bebatuan di dasar bahkan bisa terlihat dari permukaan dengan sangat jelas. Saking jernihnya air sendang, perusahaan air minum daerah setempat pun ikut mengambil air dari Sendang Grogolan.

Bahkan, bagi wisatawan, sumber mata air ini dimanfaatkan untuk mengambil foto underwater.

Sendang ini dibagi menjadi tiga bagian dan bisa dibedakan dari kedalaman airnya. Bagian pertama airnya agak dalam dan berwarna biru, bagian kedua airnya tidak terlalu dalam dan mulai jernih, bagian ketiga airnya dangkal dan sangat jernih. Kabarnya, air di sendang bagian ketiga ini tak pernah surut meski sedang musim kemarau.

Sendang ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Bojonegoro, dan terletak di arah selatan. Tak perlu khawatir, Sendang Grogolan kini sudah memiliki beberapa fasilitas yang disediakan warga, mulai dari lahan parkir, kamar mandi, tempat makan dan minum, bahkan ada beberapa pendopo yang bisa digunakan untuk bersantai.

 

Sumber : inews.id