Mengenal Keindahan Pantai Mustika Banyuwangi, Saingan Berat Pulau Merah

[Klikindonews.com], – Siapa yang tidak kenal dengan Banyuwangi. Kabupaten yang terletak dekat dengan Bali ini terkenal memiliki pemandangan alam yang eksotis. Salah satu yang terkenal adalah Kawah Ijen.

Tidak hanya ada kawah Ijen, di sini juga terdapat pantai menawan yang membuat wisatawan susah move on yaitu Pantai Merah. Namun, Banyuwangi juga memiliki pantai lainnya yang tidak kalah indah dari Pantai Merah, yaitu Pantai Mustika.

Banyak yang bilang Pantai Mustika merupakan salah satu pantai terbaik di Banyuwangi sekaligus saingan berat Pantai Pulau Merah. Bagaimana tidak, panorama pantai ini sangat menawan, terdapat jejeran bukit pulau, kawasannya luas dan bersih.

Ini bisa menjadi bucket list Anda untuk dikunjungi setelah PPKM berakhir. Mengutip akun Instagram @indoflashlight, berikut 5 fakta Pantai Mustika di Banyuwangi.

1. Menjadi saingan berat Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah sedang menjadi primadona di Banyuwangi, Jawa Timur belakangan ini. Namun, sepertinya Pantai Mustika pun akan menjadi saingannya.

Hal itu sangat wajar karena Pemerintah Kabupaten Banyuwangi gencar sekali mempromosikan Pantai Pulau Merah sebagai salah satu andalan destinasi pariwisatanya. Namun, ternyata tak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat pantai yang juga tak kalah indahnya. Pantai itu adalah Pantai Mustika.

2. Punya mitos yang berkaitan erat dengan Ratu Kidul

Berbeda dengan Pantai Pulau Merah yang sangat ramai oleh pengunjung, Pantai Mustika masih relatif sepi sehingga bisa dibilang masih perawan. Begitu juga dengan nama Mustika. Banyak yang beranggapan Pantai Mustika berkaitan erat dengan kisah Ratu Kidul.

Konon, Ratu Kidul pernah datang ke pantai ini. Sewaktu pulang, mustikanya tertinggal dan ada seseorang yang menemukannya. Karena orang tersebut tahu mustika itu milik Ratu Kidul, dia membuangnya ke laut dengan harapan dapat kembali kepada pemiliknya.

3. Masih bersih karena belum diketahui banyak orang

Pantai Mustika memiliki kontur yang sangat landai. Karakteristik ombak di sini pun terbilang cukup aman bagi pengunjung untuk bermain di tepi pantai.

Pasirnya putih dan bersih karena belum banyak pengunjung. Selain itu pantai ini membentuk seperti setengah lingkaran. Sungguh pantai yang sangat menawan.

4. Bisa snorkeling dan diving

Keindahan yang diberikan oleh tempat ini bukan hanya tentang pemandangan alam indahnya, tetapi juga dalam lautnya. Makhluk hidup di bawah laut ini sungguh begitu indah. Maka dari itu, di sini juga bisa dilakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving.

Terumbu karang di bawah laut juga tampak sekali. Anda bisa melihat semua dengan mata telanjang. Banyak juga ragam ikan hidup di laut ini yang akan memanjakan mata Anda.

5. Lokasi dan rute

Pantai Mustika terletak di kawasan Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Untuk mencapai ke pantai cantik ini, dari Pantai Pulau Merah bisa dengan berjalan kaki sekitar 3-4 km.

 

Sumber : inews.id